1.
Masyarakat di Garut Grabag,
Tawangmangun, dan lain-lain itu menanam jeruk keprok dengan menggunakan bibit
cangkokan. Cabang yang biasa mereka cankok sudah berukuran sebesar lengan orang
dewasa. Mereka menanamnya di halaman rumah, di dekat kandang ternak atau
sela-sela kebun sayuran . Tanaman jeruk itu dibiarkan tumbuh secara alami dan
dua tiga tahun kemudian mereka sudah dapat memanen buah perdananya.
Pertanyaan
yang sesuai dengan isi bacaan tersebut adalah ….
A.
Di mana dapat diperoleh bibit jeruk
keprok?
B.
Bagaimana proses pencangkokkan jeruk
keprok?
C. Selain
di Garut, Grabang, dan Tawangmangu, dimana lagi ada jeruk keprok?
D. Bagaimana
ciri-ciri jeruk keprok yang berkualitas?
E.
Apakah tumbuhan jeruk keprok
memerlukan perawatan?
2.
Di mana saj jeruk keprok ditanam oleh
mereka? Jawaban pertanyaan yang sesuai dengan isi bacaan nomor 1 adalah….
A.
Di taman, di lahan-lahan kosong, dan
di samping rumah mereka.
B.
Antara lain dapat ditanam di halaman,
dekat kandang, dan di taman.
C. Ada
yang di sela tanaman sayur-sayuran, di halaman rumah, dan di kandang ternak.
D. Contohnya
di kebun, di lahan kosong, dan ada juga di halama rumah.
E.
Mereka menanam jeruk keprok di halaman
rumah, dekat kandang, dan di kebun.
3.
Komentar yang sesuai dengan isi bacaan
soal nomor 1 adalah….
A.
Mudah sekali jeruk keprok tumbuh
karena tidak memerlukan perawatan.
B.
jeruk keprok termasuk tanaman yang
sangat disukai masyarakat.
C. Ternyata
yang dicangkok itu batang jeruk yang sudah dewasa.
D. jeruk
keprok itu dapat tumbuh di beberapa tempat.
E.
Tampaknya daerah jawa barat paling
banyak menanam jeruk keprok.
4.
Makna imbuhan me-kan menyatakan
kausatif terdapat dalam kalimat….
A.
Ia mengajarkan matematika
kepada kami.
B.
Kami membersihkan kaca jendela
kelas.
C. Orang
itu menyanyikan lagu kesukaan saya.
D. Mereka
menarikan tari daerah Jawa Barat.
E.
Pak Dulah menghadiahkan sebuah
rumah untuk anaknya.
5.
Anak itu mengerling-ngerlingkan
matanya kepadamu.
Makna
Kata ulang dalam kalimat tersebut menyatakan….
A.
Saling C. Memiliki sifat E. Bermacam -macam
B.
Agak. D. Berulang-ulang
6.
kalimat penutup surat dinas yang tepat adalah…..
A.
Demikian surat ini, harap maklum adanya.
B.
Sampai di sini saja surat ini, Terima kasih banyak.
C. Hanya
ityulah yang perlu saya sampaikan, terima kasih.
D. Sekian
surat dari
saya, tak lupa saya ucapkan terima kasih.
E.
Atas perhatian Saudara,saya ucapkan
terima kasih.
7.
Di babak pertama, Texmaco berhasil
kadang lebih dulu dengan mengemas 10 poin. Permainan cepat atlet nasional Romy
Chandra tidak dapat diimbangi para pemain Siliwangi. Alur serangan yang
dikoordinasi Rocky Tamtelahitu yangf menjadi motor serangan Texmaco, tidak
henti-hentinya menggempur Siliwangi dan membuat Texmaco mampu menambah hingga
sembilan bola. Sungguh mengagumkan permainan para pemain Texmaco.
Paragraf tersebut menggunakan
penalaran…
A.
Induksi. C. Deduksi-induksi E. Kalimat
utama tersebar
B.
Deduksi. D. Tanpa
kalimat utama
8.
Perhatikan laporan berikut!
DATA
PENDIDIKAN PENDUDUK
DI
WILAYAH RT 01 RW 03
Laporan tersebut berbentuk…
A.
tabel. C. Diagram E. Kotak
B.
Grafik. D. Gambar
9.
Isi laporan pada soal nomor 8 yang
tidak sesuai adalah….
A.
Penduduk berpendidikan sampai SD
sangat sedikit.
B.
Lebih separuh penduduk berpendidikan
sampai SMU.
C. Penduduk
tamatan perguruan tinggi ditemukan lebih sedikit daripada SLTP.
D. Penduduk
di wilayah tersebut sudah pendidikan.
E.
Penduduk yang berpendidikan sampai
perguruan tinggi sama dengan SLTP.
10. Tanggapan
yangh sesuai dengan isi laporan soal nomor 8 adalah…
A.
Penduduk tamatan perguruan tinggi
masih kurang dan perlu ditingkatkan.
B.
Tamatan SMU sudah banyak dan tidak
perlu diragukan.
C. Tamatan
SD sangat
sedikit dan hal itu tidak masuk akal.
D. Pendidikan
perlu pula diperhatikan di kalangan rakyat kecil.
E.
Keberhasilan suatu daerah ditentukan
oleh tingkat keterampilan pendidikannya.
11. Kalimat
pasif terdapat pada…
A.
Adik menderita disentri yang ringan.
B.
Guru memberikan dispensasi uang BP3
kepada saya.
C. Sawah
itu ditanami padi pada musim hujan,
D. Dia
distributor obat-obatan tradisional.
E.
Terdapat diskriminasi dalam penyaluran
dana.
12. Kalimat
aktif transitif terdapat dalam kalimat….
A.
Anak burung itu mencicit di dalam
sangkar.
B.
Awan menghitam di angkasa luar.
C. Orang
menyemut di lapangan bola itu.
D. Rambut
ibu telah memutih di bagian depan.
E.
Kami menyanyikan lagu di atas pentas.
13. Membudayakan
kegunaan membaca bukanlah hal yang mudah. Banyak tantangan yang melatari
pembudayaan kegunaan membaca, pertama, kurangnya pemahaman masyarakat sendiri.
Kenyataan ini terlihat ketika kebutuhan pokok sudah terpenuhi orang yang
menyisikan uangnya untuk membeli buku. Sulit sekali menjadikan buku sebagai
kebutuhan utama.
Gagasan pokok paragraf di atas adalah….
A.
Kurangnya pemahaman masyarakat
terhadap membaca.
B.
Buku masih dianggap bukan kebutuhan
pokok.
C. Buku
bukanlah suatu kebutuhan utama.
D. Sulitnya
menciptakan budaya gemar membaca.
E.
Jarang orang menyisikan uang untuk
beli buku.
14. 1)
Provokator 3) Politik 5) Demontrasi
2)
Reformasi 4) Demokrasi 6) Kabinet
Susunan istilah di atas bila disusun
secara alfabetis urutannya adalah…
A.
4-5-6-3-1-2. C. 5-4-6-1-3-2. E. 4-5-2-6-3-1.
B.
4-5-6-1-3-2. D. 4-5-3-1-6-2.
15. Bacalah
contoh iklan berikut ini!
Tinggal 50 unit
Hanya dengan Rp 150.000.000,00
Rumah siap dihuni.Sekali lagi tidak ada
kenaikan harga.
Lokasi perumahan Ideal.Terletak di
pintu gerbang Surabaya Type 21/66.
·
Bebas banjir
·
Bebas polusi
·
Dekat pusat kota
Perumahan “Pondok Permai” KPR BTN
Hubungi
: Bagian Pemasaran PT Karlina Nusantara
Jalan Melati Putih 8 , Surabaya
Iklan di atas termasuk iklan…
A.
Pengumuman. C. Reklame E. Lamaran
B.
Penawaran. D. Permintaan
16. Seorang
yang berbuat semua menanggung risikonya. Begitulah yang terjadi di kelas kami.
Peristiwa itu terjadi karena salah satu teman tidak mengerjakan tugas
rumahnya.Padahal bapak guru matematika telah memberitahukan sebelumnya.
Peribahasa yang sesuai untuk paragraf
di atas adalah…
A.
Besar pasak daripada tiang. D. Bak alu pencungkil duri.
B.
Nila setitik rusak susu sebelangga. E. Lempar batu sembunyi tangan.
C. Tong
kosong nyaring bunyinya.
17. Kalimat
berobjek terdapat pada…..
A.
Penyair itu menuturkan riwayat
hidupnya.
B.
Harimau itu mengaum
sekencang-kencangnya.
C. Bunga
itu mewangi sepanjang zaman.
D. Es
itu mencair ditimpa sinar matahari.
E.
Anak itu melamun saja sejak tadi.
18. Kalimat
yang berpelengkap terdapat pada….
A.
Kami bersorak dengan gembira ria.
B.
Mereka bermain catur di ruang tengah.
C. Pamanku
sudah bertobat sekarang.
D. Pejabat
itu berpidato di depan masssa.
E.
Remaja berpandangan sebelum berpisah.
19. Di
mana pembangunan ini
Tuan hiduo kembali
Dan bara kagum menjadi api
Di depan sekali tuan menanti
Tak gentar lawan banyaknya seratus kali
Pedang di kanan, keris di kiri
Berselubung semangat yang tak bisa mati
………
(Diponegoro:
Chairil anwar)
Makna yang terkandung dalam kutipan
puisi tersebut adalah….
A.
Sekarang ini Indonesia harus
membangun semangat juang para pahlawan.
B.
Jangan gentar menghadapi masalah
pembangunan apa saja.
C. Semangat
juang para pahlawan harus diteladani dalam membangun negeri.
D. Pedang
dan keris adalah senjata yang ampuh digunakan untuk berjuang.
E.
Pahlawan itu tidak boleh menyerah dan
tidak boleh merasa gentar.
20. (1)
Akhirnya Hamid dan Hasan sadar akan kesalahan mereka berdua. (2) Mereka
berbicara dari hati ke hati dan bermusyawarah mencapai kata sepakat. (3) Dengan
bermusyawarah pertentangan mereka pun menjadi padam. (4) Kelas mereka pun
kompak kembali. (5) Pak Herman mengucapkan selamat kepada mereka berdua. (6)
Beliau mengatakan bahwa cara menyelasaikan permasalahan seperti itu baik
sekali.
Kalimat majemuk bertingkat dengan anak
kalimat pengganti objek dalam paragraf di atas terdapat pada kalimat nomor…..
A.
(1) C. (3) E. (6)
B.
(2) D. (5)
0 komentar:
Posting Komentar