1.
|
Kebutuhan hidup sehari-hari
setiap keluarga dalam masyarakat tidaklah sama. Hal ini sangat tergantung
dari besarnya penghasilan setiap keluarga. Keluarga yang berpenghasilan
rendah, kebutuhan pokoknya sulit terpenuhi,
Lain halnya dengan yang berpenghasilan tinggi. Mereka dapat
menyumbangkan sebagian penghasilannya untuk pembangunan tempat-tempat beribadah
atau untuk kegiatan sosial lainnya. Tempat-tempat ibadah memang perlu bagi
masyarakat. Pada umumnya tempat-tempat ibadah ini dibangun secara gotong
royong dan sangat mengandalkan sumbangan para dermawan. Perbedaan penghasilan
yang besar dalam masyarakat telah menimbulkan jurang pemisah antara si kaya
dan si miskin.
Ide pokok paragraf di atas adalah …
|
|||||||||||||||||||||
|
a.
|
Perbedaan penghasilan si kaya
dan si miskin.
|
||||||||||||||||||||
|
b.
|
Kebutuhan pokok
keluarga pada umumnya.
|
||||||||||||||||||||
|
c.
|
Penghasilan suatu keluarga
|
||||||||||||||||||||
|
d.
|
Pembangunan tempat-tempat sosial
|
||||||||||||||||||||
|
e.
|
Pembangunan sarana ibadah
|
||||||||||||||||||||
2.
|
Tugas seorang konduktor pada
pergelaran orkestra di negara-negara Barat berbeda dengan kebanyakan
konduktor pergelaran orkestra di Indonesia. Konduktor pergelaran orkestra di
negara Barat bertanggung jawab penuh pada kualitas musik orkestra yang
ditampilkan. Syarat utama menjadi konduktor tentu secara musikal harus
memiliki wawasan yang luas, baik secara teoritis maupun praktis. Berbeda
dengan konduktor di Indonesia, konduktor untuk orkestra khususnya yang
bersifat populer, pada umumnya tidak mempunyai latar belakang akademis.
Kebanyakan konduktor masih bekerja rangkap sebagai praproduksi dan produksi
pergelaran.
Berdasarkan penempatan atau peletakan kalimat utamanya, paragraf di atas
termasuk jenis paragraf …
|
|||||||||||||||||||||
|
a.
|
Analogi
|
||||||||||||||||||||
|
b.
|
Sebab-akibat
|
||||||||||||||||||||
|
c.
|
Campuran
|
||||||||||||||||||||
|
d.
|
Induksi
|
||||||||||||||||||||
|
e.
|
Deduksi
|
||||||||||||||||||||
3.
|
Selama ini
waktu memang belum dianggap sebagai sumber daya perusahaan. Sumber daya
perusahaan saat ini hanya difokuskan pada uang, bahan
Kalimat lanjutan yang cocok untuk paragraf di atas adalah
…
|
|||||||||||||||||||||
|
a.
|
Bahkan sebagian
orang mengatakan waktu adalah uang
|
||||||||||||||||||||
|
b.
|
Bahkan tragisnya, tidak ada pihak yang merasa dirugikan
jika waktu tidak dimanfaatkan dengan baik.
|
||||||||||||||||||||
|
c.
|
Bahkan anehnya,
pemborosan waktu banyak orang antusias
|
||||||||||||||||||||
|
d.
|
Padahal sekalipun waktu sedikit tidak di manfaatkan begitu
saja
|
||||||||||||||||||||
|
e.
|
Padahal pada era globalisasi seperti sekarang ini uang,
mesin, dan bahkan bahan
|
||||||||||||||||||||
4.
|
…………………………………………………………………
yang menjadi objek penelitian daerah pertanian
sayur-mayur. Petani yang dijadikan responden sebanyak 50 orang. Kehidupan
petani pada umumnya cukup memadahi. Mudah-mudahan pada masa yang akan datang,
para petani lebih sejahtera.
Kalimat utama untuk melengkapi paragraf di atas adalah …
|
|||||||||||||||||||||
|
a.
|
Penghidupannya sebagai petani sudah turun-temurun
|
||||||||||||||||||||
|
b.
|
|
||||||||||||||||||||
|
c.
|
Umumnya di daerah Cipanas,
penduduknya bertani
|
||||||||||||||||||||
|
d.
|
Penelitian diadakan pada bulan Juni, di daerah Cipanas
|
||||||||||||||||||||
|
e.
|
Penelitian menghabiskan dana
delapan juta rupiah
|
||||||||||||||||||||
5.
|
Penulisan kata tidak baku terdapat pada kalimat …
|
|||||||||||||||||||||
|
a.
|
Varietas baru di bidang pertanian banyak
ditemukan para ahli melalui bioteknologi
|
||||||||||||||||||||
|
b.
|
Ia memilih menjadi ibu rumah tangga daripada menjadi
wanita karier
|
||||||||||||||||||||
|
c.
|
Antusias para pengunjung dapat dilihat dari antrian
yang panjang di depan pintu masuk gedung pertunjukan itu
|
||||||||||||||||||||
|
d.
|
|
||||||||||||||||||||
|
e.
|
Pada hakikatnya kemajuan teknologi di segala bidang
mempunyai pengaruh positif dan negative
|
||||||||||||||||||||
6.
|
Penulisan kata baku terdapat pada kalimat …
|
|||||||||||||||||||||
|
a.
|
Penyusunan karya ilmiah harus menggunakan sistimatika yang benar
|
||||||||||||||||||||
|
b.
|
Setiap nasehat yang baik
harus diterima dengan senang hati
|
||||||||||||||||||||
|
c.
|
Obat generik dapat dibeli di
setiap apotik di sekitar kita
|
||||||||||||||||||||
|
d.
|
Ia rajin mengikuti aktifitas di sekolah
|
||||||||||||||||||||
|
e.
|
Keluarga Amir rajin mengikuti
senam aerobik setiap hari Minggu
|
||||||||||||||||||||
7.
|
Kalimat di bawah ini yang frase
ambigu adalah …
|
|||||||||||||||||||||
|
a.
|
Ayu seorang penari mancanegara
|
||||||||||||||||||||
|
b.
|
Lukisan Affandi dipamerkan di ruang pamer musium
|
||||||||||||||||||||
|
c.
|
Masalh ganti
rugi tanah sudah diselesaikan
|
||||||||||||||||||||
|
d.
|
Dicari seorang sopir berpengalaman
|
||||||||||||||||||||
|
e.
|
Kucing makan
ikan yangada di dapur
|
||||||||||||||||||||
8.
|
Kalimat yang menggunakan frase atribut berimbuhan terdapat
pada …
|
|||||||||||||||||||||
|
a.
|
Murid baru itu sangat pandai
|
||||||||||||||||||||
|
b.
|
Ayu membaca buku cerita pendek
|
||||||||||||||||||||
|
c.
|
Busana
wanita itu dirancang
sedemikian rupa
|
||||||||||||||||||||
|
d.
|
Majalah bergambar itu disenangi anak-anak
|
||||||||||||||||||||
|
e.
|
Pupuk tablet tidak mudah menguap
|
||||||||||||||||||||
9.
|
Jika anda ingin
tetap bersuara vokal, janganlah merokok secara berlebihan. Sebab, hasil
penelitian menunjukkan rokok dapat menyebabkan disfonia. Tanda-tanda disfonia
ini antara lain suaranya berubah. Dan jika gangguan itu serius, bisa
menimbulkan kanker pita suara yang dapat membuat Anda jadi bisu. Penanganannya tergantung pada
stadiumnya.
Berdasarkan
tujuan pengembangan paragraf di atas termasuk karangan …
|
|||||||||||||||||||||
|
a.
|
Narasi
|
||||||||||||||||||||
|
b.
|
Deskripsi
|
||||||||||||||||||||
|
c.
|
Eksposisi
|
||||||||||||||||||||
|
d.
|
Argumentasi
|
||||||||||||||||||||
|
e.
|
Persuasi
|
||||||||||||||||||||
10.
|
(1)
|
Kebutuhan ada
bermacam-macam, antara lain kebutuhan jasmani dan rohani
|
||||||||||||||||||||
|
(2)
|
Hendaknya kita dapat menjaga keseimbangan dalam memenuhi
kebutuhan itu
|
||||||||||||||||||||
|
(3)
|
Kebutuhan
jasmaniah, meliputi makanan, minuman, pakaian, tempat tinggal, dan sebagainya
|
||||||||||||||||||||
|
(4)
|
Kebutuhan
rohani meliputi kasih sayang, perhatian, ketenangan batin dan sebagainya
|
||||||||||||||||||||
|
(5)
|
Setiap manusia mempunyai kebutuhan
|
||||||||||||||||||||
|
Kalimat-kalimat
di atas dapat disusun dengan menggunakan pola pengembangan umum – khusus,
dengan urutan …
|
|||||||||||||||||||||
|
a.
|
1, 2, 3, 4, dan 5
|
||||||||||||||||||||
|
b.
|
2, 3, 4, 5, dan 1
|
||||||||||||||||||||
|
c.
|
3, 4, 5, 1, dan 2
|
||||||||||||||||||||
|
d.
|
5, 1, 2, 3, dan 4
|
||||||||||||||||||||
|
e.
|
5, 1, 3, 4, dan 2
|
||||||||||||||||||||
11.
|
Pagi itu, aku
duduk di bangku panjang disamping kolam ikan. Matahari belum tinggi benar,
baru sepenggal. Sinar matahari pagi menghangatkan badan dan mengusir dingin.
Di timur
Paragraf di atas termasuk kedalam jenis karangan …
|
|||||||||||||||||||||
|
a.
|
narasi
|
||||||||||||||||||||
|
b.
|
deskripsi
|
||||||||||||||||||||
|
c.
|
eksposisi
|
||||||||||||||||||||
|
d.
|
argumentasi
|
||||||||||||||||||||
|
e.
|
persuasi
|
||||||||||||||||||||
12.
|
Karangan yang
menggunakan contoh ilustrasi dan analogi disebut karangan …
|
|||||||||||||||||||||
|
a.
|
deskripsi
|
||||||||||||||||||||
|
b.
|
narasi
|
||||||||||||||||||||
|
c.
|
Eksposisi
|
||||||||||||||||||||
|
d.
|
argumentasi
|
||||||||||||||||||||
|
e.
|
persuasi
|
||||||||||||||||||||
13.
|
Pernyataan yang tepat berkaitan dengan penggunaan EYD pada
paragraf soal nomor sebelas adalah …
|
|||||||||||||||||||||
|
a.
|
Penulisan gunung Ciremai seharusnya Gunung
Ciremai
|
||||||||||||||||||||
|
b.
|
Ciptaan illahi seharusnya ciptaan-Nya
|
||||||||||||||||||||
|
c.
|
Penulisan di
samping kolam seharusnya disamping kolam
|
||||||||||||||||||||
|
d.
|
Ciptaan
Illahi seharusnya Ciptaan
Allah
|
||||||||||||||||||||
|
e.
|
Di timur seharusnya di Timur
|
||||||||||||||||||||
14.
|
Perhatikan
istilah pertanian di bawah ini!
|
|||||||||||||||||||||
|
(1)
|
reboisasi
|
||||||||||||||||||||
|
(2)
|
terasering
|
||||||||||||||||||||
|
(3)
|
eksploitasi
|
||||||||||||||||||||
|
(4)
|
gambut
|
||||||||||||||||||||
|
(5)
|
Erosi
|
||||||||||||||||||||
|
Istilah di atas
dapat disusun dalam kamus dengan urutan …
|
|||||||||||||||||||||
|
a.
|
4, 3, 5, 2, 1
|
||||||||||||||||||||
|
b.
|
4, 5, 3, 1, 2
|
||||||||||||||||||||
|
c.
|
3, 4, 5, 1, 2
|
||||||||||||||||||||
|
d.
|
3, 5, 4, 1, 2
|
||||||||||||||||||||
|
e.
|
5, 4, 3, 1, 2
|
||||||||||||||||||||
15.
|
Sejak kecil aku gemar menari. Aku sering
diajak ibu ke sanggar tarinya. Tidak jarang ibu mengajariku menari bersama
murid-muridnya. Selain itu,
ayah juga mengajariku disiplin mengikuti latihan tari. Oleh karena itu, ……..
Kata yang logis untuk melengkapi paragraf di atas adalah …
|
|||||||||||||||||||||
|
a.
|
aku terus rajin
berlatih menari
|
||||||||||||||||||||
|
b.
|
aku berhasil
menjadi salah seorang penari nasional
|
||||||||||||||||||||
|
c.
|
aku sering
diberi hadiah setiap habis menari
|
||||||||||||||||||||
|
d.
|
aku mendapat
fasilitas yang serba menyenangkan
|
||||||||||||||||||||
|
e.
|
aku tidak pernah dipungut biaya setiap pergi keluar negeri
|
||||||||||||||||||||
16.
|
Kata yang termasuk konjungsi antarkalimat adalah …
|
|||||||||||||||||||||
|
a.
|
karena
|
||||||||||||||||||||
|
b.
|
sebab
|
||||||||||||||||||||
|
c.
|
oleh karena itu
|
||||||||||||||||||||
|
d.
|
jika
|
||||||||||||||||||||
|
e.
|
Ketika
|
||||||||||||||||||||
17.
|
Kini, warga
Diksi yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah
….
|
|||||||||||||||||||||
|
a.
|
angkutan
|
||||||||||||||||||||
|
b.
|
bus
|
||||||||||||||||||||
|
c.
|
busway
|
||||||||||||||||||||
|
d.
|
kereta
|
||||||||||||||||||||
|
e.
|
angkutan umum
|
||||||||||||||||||||
18.
|
|
|||||||||||||||||||||
|
Berdasarkan
grafik diatas, kesimpulan yang tepat adalah …
|
|||||||||||||||||||||
|
a.
|
Semakin lama
harga semakin turun
|
||||||||||||||||||||
|
b.
|
Harga berkembang normal
|
||||||||||||||||||||
|
c.
|
Semakin lama harga semakin tidak stabil
|
||||||||||||||||||||
|
d.
|
Harga berkembang biasa
|
||||||||||||||||||||
|
e.
|
Harga mengalami kenaikan tetap
|
||||||||||||||||||||
19.
|
Petunjuk Penggunaan Oralit
|
|||||||||||||||||||||
|
Pernyataan yang benar berdasarkan petunjuk pemakaiaan
oralit di atas adalah …
|
|||||||||||||||||||||
|
a.
|
Anak berumur
lima tahun harus minum 3 gelas larutan oralit sampai habis dan 1 gelas setiap
buang air besar
|
||||||||||||||||||||
|
b.
|
Anak berumur di bawah satu tahun harus minum 1,5 gelas
larutan oralit sampai habis pada tiga jam pertama dan 0,5 gelas pada setiap
buang air besar
|
||||||||||||||||||||
|
c.
|
Anak berumur
dua belas tahun harus minum 6 gelas larutan oralit sampai habis dan 2 gelas
setiap buang air besar
|
||||||||||||||||||||
|
d.
|
Anak berumur satu tahun harus minum 1,5 gelas larutan
oralit sampai habis dan 0,5 gelas setiap buang air besar
|
||||||||||||||||||||
|
e.
|
Anak sampai umur
|
||||||||||||||||||||
20.
|
Jangka waktu
obligasi dapat ditetapkan secara bertahap, mulai dari 3 bulan, 6 bulan, 1
tahun, bahkan lebih. Jika obligasi jangka pendek menguntungkan, pasti pembeli
berminat untuk investasi jangka panjang. Menurut Desimon, pemerintah sudah
dapat menerbitkan obligasi baru pada tahun 2001 jika mekanisme yang mengatur
obligasi sudah siap
Gagasan utama
wacana diatas adalah …
|
|||||||||||||||||||||
|
a.
|
Obligasi jangka pendek menguntungkan
|
||||||||||||||||||||
|
b.
|
Jangka waktu
obligasi dapat ditetapkan
|
||||||||||||||||||||
|
c.
|
Pemerintah
sudah dapat memberikan obligasi baru tahun 2001
|
||||||||||||||||||||
|
d.
|
Pembeli berminat melakukan investasi jangka panjang
|
||||||||||||||||||||
|
e.
|
Menurut
Desimon, pemerintah sudah dapat menerbitkan obligasi
|
||||||||||||||||||||
|
0 komentar:
Posting Komentar